KAJIAN

Catatan Santri, Kajian جمع الجوامع (bagian 1)

Jam’ul Jawami adalah kitab yang disusun oleh Imam Tajuddin as subki yang lahir di kairo tahun 727 H beliau wafat pada Tahun 771 H. pada usia kurang lebih 44 Tahun beliau bermadzhab Imam Asy- Syafii dan mulai memberi Fatwa pada usia 18 Tahun.
Kitab Jamul jawami adalah kitab yang merupakan kompilasi (kumpulan) dari inti sari kurang lebih 100 kitab yang berisi Ushul fiqh, Ushuluddin dan Tasawuf . Beliau menyelesaikan penulisan kitab Jam’ul Jawami ini pada tanggal 11 Dzulhijjah tahun 760 H. Ketika beliau berusia kurang lebih 33 Tahun.
Kitab Jamul jawami ini diberi Syarah oleh Imam almahally dan lain lain dan Serta diberi Hasyiah dalam حاشية العطّار maupun حاشية البناني bahkan kitab jamul Jawami ini dbuat menjadi Nadhom oleh Imam Jalaluddin Assuyuthi dalam kitab الكوكب الساطع نظم جمع الجوامع.
Kitab Ini menjadi penting bahkan menjadi Referensi utama dalam Kajian di Pesantren. Dimana didalamnya terdapat metodologi pemahaman yang komprehensif memahami Ajaran.
Dalam konteks Bahtsul Masail NU, bermadzhab itu memiliki dua pola umum yaitu Pola bermadzhab secara qouly maupun Manhajy. Dalam konteks Qouly dibutuhkan pemahaman terhadap Fiqh dan konteks manhajy membutuhkan pemahaman tentang Ushul Fiqh
Dan diantara kitab yang mengkaji ushul Fiqh sebagai metodologi menemukan Fiqh adalah Jamul Jawami
Mari kita mempelajari kitab Jam’ul Jawami sebagai bagian
المحافظة على القديم الصالح و الاخذ بالجديد الاصلح

Aj. Ali Abd Holik, Wakil Katib PC NU Tasikmalaya

 

(Saepul Aziz)

Tinggalkan Balasan