Baswalu Tasikmalaya Bangun Sinergitas Bersama PCNU Kabupaten Tasikmalaya

Komisioner Bawaslu Foto Bersama Dengan Pengurus PCNU Kab. Tasikmalaya usai pertemuan silaturahmi, Rabu (6/10/2021).

MEDIANUTASIKMALAYA – Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya melakukan kunjungan silaturahmi ke Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kab. Tasikmalaya, Rabu (6/10/2021). Dalam silaturahmi ini, pihak Bawaslu menyampaikan maksud dan tujuan untuk bersinergi terhadap event-event pemilihan.

Kunjungan silaturahmi ini diterima baik oleh Ketua Tanfidizyah, Drs. KH. Atam Rustam, M.SI dan juga Sekretaris PCNU Kab. Tasikmalaya Drs. H. Abdul Wahid.

Bawaslu mengatakan silaturrahmi ini dilakukan untuk menjaga sinergitas pasca Pilkada 2020 dan persiapan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu 2024.

Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum, Humas, Data dan Informasi (Datin) Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Mohammad Abduh mengatakan, tujuan silaturahmi ini untuk konsolidasi dengan semua stakeholder termasuk PCNU Kab. Tasikmalaya dalam persiapan menyambut Pemilu 2024.

“Untuk lebih memperkuat lagi persiapan, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024.  Kami dari Bawaslu tidak bisa melaksanakan tugas, pokok dan fungsi pengawasan tanpa dukungan semua stakeholder, termasuk ormas Islam dalam hal ini PCNU Kab. Tasikmalaya,” terang Mohammad Abduh.

Menurut dia, yang disampaikan kepada PCNU, selain persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 juga menyampaikan hasil evaluasi terkait dengan Pilkada 2020 lalu yang sudah dilaksanakan. “Kami sampaikan pilkada sudah dilaksanakan dan menghasilkan kepala daerah yang baru. Kami melaksanakan kegiatan dalam tahapan itu sesuai peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Dia menyebutkan, walaupun masih dalam non tahapan Pemilu 2024, Bawaslu menyampaikan akan melaksanakan dua kegiatan.

Pertama edukasi terhadap pemilih atau pendidikan politik kepada masyarakat. Kedua mengajak masyarakat pemilih dalam pengawasan partisipatif menghadapi Pemilu 2024.

“Agar masyarakat itu bisa menjadi pemilih yang cerdas, sesuai hati nuraninya. Mengerti bahwa selain ada pelaksana yang melaksanakan tahapan kepemiluan di KPU, ada badan yang mengawasi yaitu Bawaslu,” kata dia.

Maka dari itu, jelas dia, diharapkan pendidikan politik terhadap pemilih ini, bisa mendapatkan dukungan dari ormas Islam dala hal ini PCNU Kab. Tasikmalaya, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“PCNU ini tingkat kepengurusannya dari kabupaten, kecamatan, desa, sampai ranting bahkan sampai ke Anak Ranting. Sehingga diharapkan bersinergi dengan program Bawaslu dalam pendidikan politik dan pengawasan partisipatif, bersama masyarakat,” ujarnya.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya Drs. KH. Atam Rustam M.SI mengatakan, Bawaslu datang dalam rangka silaturahmi menyampaikan segala program persiapan menjelang Pemilu 2024, termasuk hasil Pilkada 2020.

“Kita akan ada MOU program partisipasi pemilih cerdas. Kemudian menyampaikan data pengawasan sampai ke tingkat bawah. Termasuk persiapan pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada di Pemilu 2024 bisa lebih baik,” pungkas beliau.

Pada intinya, Bawaslu menyampaikan tugas dalam hal pengawasan dan mengajak partisipatif masyarakat serta akan menyampaikan pendidikan politik. “Sehingga dalam Pemilu nanti bisa mencetak pemilih yang cerdas dan memilih pemimpin dengan hati nurani,” Ungkap KH. Atam Rustam, M.SI.

Pewarta : Anbiyani

Editor : SA

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: