LKK PCNU Kabupaten Tasikmalaya Kebut Sosialisasikan Konsep Keluarga Maslahah An-Nahdliyyah

Ketua LKK PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Mia Faiza Imran sedang mengisi materi di PAC Fatayat Cigalontang

LKK PCNU Kabupaten Tasikmalaya adalah salah satu lembaga yang mewadahi bagaimana membangun konsep keluarga yang dicita-citakan serta sesuai ajaran Ahlu Sunnah Wal Jamaah.

Sebagai ikhtiar membentengi keluarga dari berbagai tantangan, LKK PCNU Kabupaten Tasikmalaya kebut sosialisasikan konsep keluarga maslahah an-nahdliyah untuk jema’ah Nahdlatul Ulama.

Keluarga maslahah an-nahdliyah merupakan konsep yang dirumuskan oleh Lembaga Kemaslahan Keluarga Nahdlatul Ulama. Mengingat sangat penting diwujudkan bersama khususnya keluarga-keluarga nahdliyyin maka konsep ini perlu disebarluaskan. LKK PCNU Kabupaten Tasikmalaya mulai mensosialisasikan ke beberapa badan otonom NU di beberapa kecamatan.

Keluarga Maslahah merupakan bangunan keluarga yang sangan luas manfaatnya karena dengan situasi satu keluarga mewujudkan keluarga maslahah maka akan menularkan pada keluarga lain sehingga tercipta lingkungan maslalah baik lingkungan terdekat, sampai kehidupan berbangasa bahkan mendunia.

Bangunan keluarga maslahah sebagaimana rumah terdapat bagian-bagian yang saling menguatkan. Pilar keluarga maslahah merupakan pandangan kemalsahatan untuk semua, semua nggota keluarga berupaya mendatangkan manfaat dan mencegah kemadharatan.

Terdapat 5 pilar keluarga maslahah yang perlu diperhatikan, yaitu: jawaz/berpasngan, janji kokoh, musyawarah, muaysarah bil ma’ruf dan saling ridha.

Fondasi keluarga maslahah dibangun dengan adanya mu’adalah, mubadalah dan muwazanah. Suasana keluarga maslahah terlihat dari adanya sakinan mawaddah dan rahmah.

Keluarga maslahah terwujud kitika dalam keluarga telah memiliki karakteristik berikut ini: suami dan istri shaleh dan shalehah, relasi yang baik antara anak dan orang tua, pergaulan keluarga baik, tercukupi kebutuhan dasar, suasana rumah sumber ketenangan bagi semua anggota keluarga, menanamkan keseimbangan dalam semua urusan, cinta keamanan dan kedamaian, cinta tanah air dan cinta lingkungan.

Tasikmalaya, 19 Desember 2021

Pewarta : Nia Ramdaniati/Sekretaris LKK PCNU Kabupaten Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: